Wednesday, June 20, 2007

Pulsar = harga ndeso dengan kualitas kota



Di kampung saya banyak sekali warga yang menyebut sepeda motor dengan sebutan HONDA. Nama honda sudah meng-akar sekali disana.
" Ya kalau mau beli motor ya honda merk nya." kalau di tanya :
" kenapa harus honda ? "
jawabnya pasti...
"Kalau di jual lagi honda harganya enggak turun banyak ".

itulah salah satu gambaran tentang image sebuah merk di kehidupan warga kita, sama seperti merk NOKIA pada handphone.

Mungkin sudah lama sekali merk merk tersebut telah merasuki pemikiran kita, Seandainya ada merk lain yang lebih bagus pun tetapi merknya tidak terkenal pasti akan di tolak mentah mentah. jangankan membeli melirik pun kita tak mau.

Di bidang otomotif tanah air ada sebuah gebrakan sangat hebat yang di sodorkan oleh negara india lewat produk Bajaj ( baca : bajaj bukan bajai ) . Di labelin Bajaj pulsar 180 DTS-i produk ini mulai menghantui merk merk roda 2 yang sudah lama bercokol di nusantara ini.

Tak mau riwayatnya sama dengan motor motor produksi negara Cina, Bajaj Pulsar (baca : palser) ini memiliki banyak sekali keungulan, sebut saja :

DTS- i : pengunaan 2 busi dalam satu cilynder.
Teknologi system pembuangan yang sangat baik lewat teknologi Exhaust TEC. Exhaust TEC ini befungsi untuk meningkatan torsi mesin pada saat putaran rendah, dan memberikan suara frekuensi rendah pada knalpot.
lampu sein yang akan mati secara otomatis bila stang telah kembali ke posisi normal setelah membelok.
Pengunaan Gas nitrogen pada shock belakang menjadikan motor ini sangat nyaman saat melewati jalan yang rusak teknologi ini di sebut Nitrox Shock Absorber.
spido-meter digital yang lebih berkesan modern.

beberapa part yang di gunakan pun bukan dari part yang murahan ambil contoh pelek depan dan belakang mengunakan enkai, karburator mikuni dan rem depan merk brembo.

Kalau dari segi penampilan motor ini sangat keren menurut saya walaupun terkesan sangat obyektif. Yang membuat saya jatuh cinta pada motor ini adalah bagian ekor motor yang terkesan sangat mewah berkat garis tajam di bagian tengah belum lagi lampu belakang yang menggunakan Led sebagai penganti bohlam.

Dengan kebulatan tekat saya coba untuk meminang motor ini apa lagi setelah teman sekantor telah dengan sukses meracuni saya buat ikut ambil bagian buat kredit motor ini. Dengan harga Otr sebesar Rp. 16.500.000 motor ini sangat layak untuk di miliki.

Malam hari tanggal 16 Mei 2007 bersama dengan sopir dan kurir dari fontana kami menaiki mobip pickup yang di bagian belakang mobil itu telah parkir dengan manis nya sebuah bajaj pulsar warna hitam. oh ya untuk warna pulsar ini memiliki 4 warna mulai dari hitam, biru, merah dan silver. lho kenapa hitam ?
hitam adalah warna yang sangat misterius buat saya, dan juga warna hitam lebih berkesan jantan.

Pulsarian.org
Hampir setiap motor memiliki perkumpulan entar itu namanya club atau pun comunity. Setelah menimbang saya coba meberanikan diri untuk masuk ke dalam kumunitas pemilik dan atau penyuka bajaj pulsar denagn nama pulsarian.
Singkat cerita kita turing bersama sekitar 70an pulsarian ke puncak disana kita memacu pulsar menembus pekatnya malam antara jakarta dan puncak waktu itu kita berangkat setelah shalat maghrib.
di puncak kami dilantik menjadi anggota pulsarian, kebetulan saya mendapatkan nomor anggota 143. jadi nanti kalau ketemu di jalan yang spatbord belakangnya terdapat logo pulsarian dan ada nomor 143 nya.. toet ... toet aja ya....

Kebiasaan para pulsarian pasti memiliki nama untuk tunganganya kebetulan saya menamai pulsar hitam saya dengan nama Wolfdale, nama ini saya ambil dari nama prosesor buatan INTEl. Nama itu saya rasa sangat cocok karena pulsar ini memiliki batok depanya mirip seperti srigala. dan saya harapkan juga memiliki kecepatan seperti prosesor intel.

Sebulan sudah saya mengunakan Wolfdale ini untuk aktifitas sehari hari dan komentar yang saya bisa utarakan adalah " ini benar benar gila" he he ... bagai mana tidak gila hanya dengan 16,5 jt ( walaupun kredit : ) ) kita sudah dapat motor yang harganya melebihi motor yang harganya 23 JT.

soal servis gimana ?
he he saya sempet kaget dengan pelayanan servis nya.
pertama mereka sangat ramah dan sangat responsif atas keluhan kita.
kedua mereka memiliki standart tinggi dalam servis. ambil contoh kecil mereka sebelum mengerayangi motor, mereka melakukan ritual membersihkan motor dulu alias mencuci motorsaya.

Pada servis pertama saya utarakan keluhan saya seputar tarikan yang agak kurang, gigi yang susah netral dan kecepatanya yang cuma mentok di 80Km/jam.
setelah di servis hasilnya sangat memuaskan, kecepatan nya sekarang sudah bisa lebih dari 80Km/jam tarikanya juga sangat responsif, perpindahan gigi tak sesusah dulu lagi.
Pada servis pertama tersebut terdapat part yang rusak, mereka bilang kampas koplingnya terbakar. olie kurang adalah penyebab terbakarnya kampas kopling jadi mereka meng ingatkan saya supaya harus sering mengecek kondisi olie di motor. untuk pergantian part tersebut saya tidak di kenakan biaya sedikit pun.

sama seperti komputer, motor ternyata ada alat untuk benchmarking kenerja nya namanya MRTB. berikut hasil dari test MRTB yang pertama saya lakukan :

Top speed : 123 Km/jam
Acceleration : 4.4 s
Komsumsi bahan bakar : 53 Km / 1 liter


Kedepanya Bajaj pulsar sebagai pendatang baru di dunia motor sangat cerah kalau dari segi produk dan service nya tetap konsisten.

Pulsar : Definitely Male








2 comments:

  1. Anonymous5:28 PM

    jadi tertarik coy....

    ReplyDelete
  2. Anonymous10:10 PM

    Wah..
    Mantep
    gw juga pngn bgt ne bajaj pulsar
    moga2 bisa ke beli.. Hehe
    klo bedanya yg 180cc ama 200cc kira2 ad yg spesial ga dri yg 200cc? Kalo sama aj mending 180cc slaen lbh murah bisa irit bensin dikit..

    ReplyDelete