Saturday, June 23, 2007

Bearlake : Beruang intel sedang berenang


Salah satu kebiasaan Intel yang sudah bukan rahasia umum lagi adalah Saat Intel mengeluarkan prosesor dengan core baru di pastikan intel juga mengeluarkan chipset baru juga. Kini giliran keluarga 965 ter singkirkan oleh Bearlake. Bearlake ini nama kode untuk chipset dari keluarga X3X seperti P35, G31,G33 dan X38. Bearlake ini di posisikan untuk menemani prosesor Intel Penryn.

Untuk sekarang ini mari kita persempit pada pembahasan tentang chipset saja, untuk prosesor intelnya akan saya posting di kemudian hari.

Di keluarga Bearlake ini intel membagi kelasnya pada 3 varian

1. Integrated graphics ( G21,G33 dan G35)
2. Mid end ( P35 )
3. High end ( X38 )

Apa yang baru ?

Cerita lama terulang lagi saat Intel mengeluarkan chipset 965 kepasaran, dulu DDR1 tersingkirkan oleh datangnya chipset 915 yang membawa serta standart DDR2. Kini Intel juga yang memulai standart baru pada pengunaan DDR jenis baru, DDR3 telah hadir lewat dukungan dari chipset dari keluarga Bearlake. Tapi untuk sekarang ini jangan takut dulu karena Bearlake juga masih mendukung DDR2 seperti beberapa produk mainboard yang telah di jual di indonesia. Tapi pelan dan pasti DDR2 juga akan tersingkirkan.

Fsb yang didukung oleh Bearlake ini mengalami kenaikan dimana chipset intel yang lama hanya mendukung Fsb sampai 1066 Mhz kini lewat bearlake intel meningkankan Fsb sampai 1333Mhz.

Ucapkan selamat tinggal untuk prosesor Ber fsb 533Mhz karena Chipset ini telah memotong garis support untuk prosesor yang ber 533Mhz. Sepertinya Intel sedikit memaksa kita untuk membeli Prosesor terbaru juga minimal ke pentium E atau ke Celeron seri 4XX.

Chipset system diagram P35

Itulah sedikit Preview tentang chipset terbaru dari intel.

No comments:

Post a Comment