Friday, July 10, 2009

Peacekeeper si pengukur kinerja browser


Saya Sering sekali mendapat pertanyaan dari teman teman seputar browser mana yang paling bagus dari sekian banyak browser yang ada sebut saja IE, firefox, Safari, Opera, Chrome dan Masih banyak lagi yang lainya . Untuk menjawab pertanyaan itu saya sering sekali sulit menjawab secara objektif. Saya sendiri untuk saat ini sangat nyaman dengan Google Chrome dengan alasan karena lebih enak dilihat dan tampilanya sederhana.

Peacekeeper adalah browser benchmark dari Futurmark. Futurmark sebelumnya sudah sangat berpengalaman dalam bidang tool bechmark terutama untuk bechmark 3d lewat produknya yang diberi nama 3DMark. Kali ini futurmark kembali membuat produk baru mereka dibindang bencrmark dengan menelurkan peacekeeper yang di khususkan untuk mengukur kemapuan browser. Dikarenakan Futurmark lebih pengalaman dibidang grafik maka peacekeeper ini saat bertugas tidak jauh dari urusan grafik dalam berkerja, dan di peacekeeper ini tidak bisa mengukur tingkat keamanan sebuah browser.

Dengan menemukan mainan baru saya langsung mencoba tool ini dengan cara mendownload 5 besar browser yang sekarang beredar dan Langsung melakukan uji coba pada system yang terdiri dari Prosesor Intel core i7 dan Asus Rampage II Gene sebagai motherboardnya dan didukung dengan Memori DDR3 3 GMb dari corsair dominator. Untuk koneksinya saya mengunakan Biz-net. untuk mengukan peacekeeper kita tidak perlu menginstall software dari peacekeeper karena peacekeeper ini tool yang digunakan langsung lewat browser yang akan kita test.

Berikut hasilnya :

Terlihat dari hasil diatas bahwa IE masih jadi yang terbelakang dibandingkan dengan browser browser yang usianya masih muda dibandingkan dengan browser buatan microsoft. Sebagai pemenang nya jatuh pada Safari besutan dari Apel. Di urutan ke 2 sebagai pemenang di raih oleh google chrome dengan selisih cukup tipis dengan safari.

Setiap browser memiliki keungulan tersendiri jadi saya tetap tidak bisa menjawab jika masih ada yang bertanya kepada saya browser mana yang terbaik karena pihak pembuat browser ini selalu mengeluarkan versi terbaru dengan tambalan untuk setiap bug yang ada di versi sebelumnya. Sebagai contoh saat tulisan ini diterbitkan firefox sudah mengeluarkan versi 3.5 yang mungkin jika ditest ulang akan memperbaiki posisinya yang terpuruk di urutan ke 2.

Mau tau seberapa cepat browser yang anda gunakan ?




No comments:

Post a Comment