Friday, November 09, 2007

Pentium D 945 VS Pentium DC E2140

Nama Pentium di indonesia sudah sangat mendarah daging, seperti nama honda di kancah sepeda motor. Jadi setiap ada orang ( baca : awam ) yang mau membeli komputer dipastikan akan menyebut kata pentium untuk prosesornya. Padahal pada kenyataanya beberapa waktu lalu intel pentium dipaksa menyerah oleh keganasan prosesor amd lewat keluarga K8 nya. Kekalahan Intel hanya tersiar pada orang orang yang melek internat dan majalah saja bagi yang tidak bisa mengakses media penyebar berita itu maka kekalahan intel tidak sampai ketelinga meraka.

Intel sempat berujar tidak akan mengunakan kata pentium pada jajaran proseosr terbaru mereka mengingat kekalahan yang sangat perih di masa yang lalu. Tapi karena nama pentium sudah merakyat sekali maka intel mengunakan kembali nama pentium pada jajaran intel core tapi tahtanya turun, tidak lagi pada prosesor high-end melainkan pada golongan low-end diatasnya proseosr intel celeron. Tempat yang selama ini diduduki intel pentium sudah di gantikan oleh Core2Duo.

Waktu berputar Intel tidak mau lagi dipecundangi oleh Amd mereka langsung mengeluarkan jagoan baru meraka dengan asitektur baru yang mereka sebut intel core yang mengantikan asitektur netburs yang terkenal dengan Panas dan lemotnya. Pada asitektur baru ini Intel dengan percaya diri mengatakan bahwa prosesor baru mereka memiliki peningkatanya kinerja sebesar 40 % dan memiliki konsumsi daya juga menurun 40 %, Sebuah janji yang sangat mengiurkan.

louncing prosesor intel core dilakukan di beberapa kota di indonesia dengan kebetulan saya sebagai undangan dalam rombongan mereka mewakili perusahaan saya. Disana mereka juga sempat memamerkan kehebatan prosesor intel core dengan prosesor terdahulunya.

Pada tulisan ini saya akan mencoba berbagi sedikit pengetahuan perbedaan kinerja intel pentium dengan intel core yang baru. Yang akan naik ke ring pertinjuan adalah prosesor intel Pentium D 945 ( netburs) dengan clock 3,4Ghz diadu dengan Intel Pentium Dual core E2140 ( Core ) dengan clock hanya 1,6Ghz, Kalau kita perhatikan ada perbedaan clock yang sangat jauh pada 2 jenis proseosrnya yang melebihi 100%. Apakah E2140 akan kalah telak ? mengingat jauhnya clock kedua prosesor ini.


sebagai bahan pelengkap perlombaan ini saya mengunakan :
Mainboard Ecs Nf650iSLIT-A
Memory Kingston Value Ram Pc6400 dual kit 2G
Psu Simbadda 500Watt
Hdd Seagate sata Baracuda 80G
Monitor Samsung SyncMaster 551v

Setelah melakukan benchmark untuk masing masing prosesor saya mendapatkan hasil yang sedikit mengembirakan untuk intel E2140 dimana proseosr ini masih bisa bertarung walaupun memiliki clock jauh lebih kecil. berikut hasilnya :

Dari table diatas kita bisa lihat bahwa E2140 masih bisa meraih 3 point dari 10 point yang dipertandingakan. Kekalahan E2140 pada Superpi 32M disebabkan L2 yang lebih kecil yang hanya sebesar 1M dibandingkan dengan 945 yang sebesar 2X2M. Kekalah di superpi 32M juga tidak terlalu besar yang hanya sekita 1 persen saja. Sedangkan pada perhitungan 1M barulah prosesor E2140 dapat mempecundangi 945 karena cache di prosesor masih mampu mengatasinya.

Pada benchmark 3dmark E2140 harus masih mengakui kehebatan 945 karena pada pengujian ini peran clock speed masih lumayan dominan. Company of heros sebagai game strategi yang memliki gambar yang lumayan memiliki kualitas bagus kita jadikan salah satu tolak ukur pada pengujian kali ini, hasil yang didapat pada benchmark ini menunjukan bahwa pada fps rata rata E2140 masih lebih unggul sedangkan pada min dan max Fps dia kalah. Software yang terakhir yaitu Cinebench 10 yang sering di gunakan untuk bechmark Pc rendering disini E2140 hanya unggul pada pengujian openGl standard.

Kesimpulan dari pengujian diatas : sepertinya intel cukup sukses mebuat prosesor yang jauh lebih baik daripada produk terdahulu mereka. Dan bagi kita seharusnya lebih teliti dalam memilih hardware komputer terutama prosesor yang katanya prosesor adalah otak dari sebuh kompuer. Jangan lagi kita hanya terpaku pada besarnya clock speed dalam memilih prosesor karena masih banyak yang menjadi kunci bagus tidak nya sebuah prosesor mulai dari astitekturnya, besarnya cache, fsb, jumlah core dan masih banyak lagi.

Kalau buat saya pribadi dari ke2 prosesor diatas saya masih lebih memilih E2140 karena harganya yang lebih murah dan juga panas yang sedikit dan tentu saja daya overclocknya yang tidak bisa diremehkan. Bebicara tentang overclock E2140 sangat gampang untuk dilakukan malahan kenaikan yang didapat bisa mencapai 100%, itu berarti clock akhirnya sebesar 3,2Ghz. Kalau sudah sampai diclock 3,2Ghz intel pentium D 945 akan bertekuk lutut walaupun clocknya masih lebih kecil dari 3,4Ghz.

6 comments:

  1. Hidup E2140 lah... euyyyy....

    ReplyDelete
  2. Dengan harga yang dikisaran 600 rebuan prosesor ini emang layak buat dimiliki. beruntunglah kalau anda sudah memilikinya. kesempatan tidak datang 2 kali ( weks promosi banget ya hehe )

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:36 PM

    e2140 t4 q jadi 3.0ghz...cooling na dry ice,psu 600pure,mobo foxcon mars

    ReplyDelete
  4. Anonymous9:10 AM

    pak..sorry D945 bukan tandingannya e2140 cuma E2140 arsitekturnya sangat dominan dengan iritnya power
    E2140 menang telak di power dimana pemakaian jangka panjang jauh lebih irit...jadi itu berpulang kpd usernya ....

    ReplyDelete
  5. Anonymous12:05 PM

    minta review tanding processor intel lainnya donk...

    ReplyDelete
  6. Anonymous7:23 PM

    loh jadi bagusan mana dah.. harga nya juga bgm murahan mana dan mahalan mana>>>

    ReplyDelete