Wednesday, November 07, 2007

CrystalDIskMark : Utility pengukur speed flashdisk


Sudah sangat umum sekali bila kita memiliki sebuah alat penyimpan data yang berupa memori card baik yang berbentuk flashdisk atau pun memori dari keluarga MMC atupun SDcard. Tapi terpikirkah oleh anda seberapa cepat kinerjanya dalam pembacaan dan penulisan ? hal yang sederhana ini sering kita abaikan dalam membeli flashdisk yang ada di benak kita biasanya membeli flaskdik karena bentuknya yang lucu atau keren. Mari kita sedikit peduli dengan masalah waktu read dan write nya, karena waktu adalah uang :)

Gambar screenshoot diatas diambil saat pengujian flashdisk Adata Jogr RB1 saya yang berkapasitas 512MB. Waktu yang di butuhkan untuk menulis terbilang sangat loyo hanya 1,564 MB/s pada mode seq. Jadi kalau di kira kira untuk menulis penuh pada flashdisk ini yang berukuran 512MB di butuhkan waktu sebesar 327 detik atau 5,45 menit.

Keterangan pada Utility ini :
seq = uji flashdisk dalam mentransfer file lebih dari 512 kb
4k = uji flashdisk dalam mentransfer file berukuran 4kb
512k = uji flashdisk dalam mentransfer file berukuran 512kb

Cepatnya baca tulis flashdisk juga bisa meng-aktifkan fitur baru di Os windows vista. untuk mengetahui sebenarnya flasdisk kita sudah ready vista atau belum bisa dengan melihat pada pembacaan 4KB dan 512KB nya.

ReadyBoost Performance Requirements

Minimum performance requirements

  • Random 4KB reads 2.5MB/s
  • Random 512KB writes 1.75MB/s

Higher performance requirements

  • Random 4KB reads 5MB/s
  • Random 512KB writes 3MB/s
Kalau diperhatikan sudah jelas flashdisk yang saya punya tidak bisa digunakan pada vista untuk fitur readyBoost. Punya flashdisk juga kan ? ayo share hasil benchmark nya disini.

Download : CrystalDiskMark

Update database

Twinmos TDisk R3 2G


Hasil yang diraih flasdisk ini bisa mematahkan di semua hasil uji coba flashdisk adata jogr RB1.

Kingston DataTraveler Mini Fun 2G

Flashdisk ini masih kalah cepat dengan twinmos R3. tetapi di pembacaan 4K flasdisk ini masih bisa meng-ekori si twinmos.

No comments:

Post a Comment