Thursday, October 25, 2007

GPU-Z : CPU-Z nya GPU

Kalau kita sering mengamati dunia hardware pastilah sudah tidak asing lagi dengan utility Cpu-Z, Cpu-Z di khususkan untuk mengintip semua keterangan tentang prosesor yang terpasang di system mulai dari clock sampai hal hal kecil lainya.

Mungkin ingin meng-ekor kesuksesan Cpu-Z kini TechPowerUp mengeluarkan utility yang tampilanya agak mirip dengan cpu-Z tetapi utility ini di khususkan untuk Vga Card atau GPU. Namanya pun agak mirip GPU-Z. Untuk saat ini Gpu-Z telah menginjak ke versi 0.0.9 untuk tampilanya bisa dilihat pada gambar di samping.

Pada Tab pertama terdapat semua keterangan pada vga card baik nama chipset, kodenya, vendor vga, gpu clock, versi driver, bios , bus width, dll.



Pada Tab ke 2 difungsikan untuk validasi yang mana menutut system tersambung pada internet tidak seperti Cpu-Z yang bisa di save file validasinya dan lain waktu bisa di validasi dengan pc yang online. jadi menurut saya GPU-Z agak kurang bersahabat dalam hal validasi. Bila validasi ini berhasil kita akan mendapatkan kode yang berupa 5 huruf.

Kesimpulanya GPU-Z sangat bagus dalam hal pendeteksian Vga Card walaupun di beberapa forum luar masih banyak terdapat bug dan menurut saya ini masih wajar di karenakan usianya yang terbilang masih muda.

Download : GPU-Z 0.0.9

No comments:

Post a Comment