Monday, January 12, 2009

Review FlashDisk Transcend JetFlash T3


Apa  yang anda pertimbangkan saat akan membeli Usb FlashDisk ? Umumnya kita akan menjawab " model ". Memang tak bisa dipungkiri kalau saat kita ingin membeli sesuatu yang pertama kita lihat pastilah sisi luar dari barang tersebut. Usb flashdisk bukan lagi memiliki fungsi hanya sebatas media penyimpanan tetapi juga bisa menjadi salah satu barang asesoris pemakainya.

Saat ini saya membutuhkan usb yang secara fisik yang ukuranya mungil karena sebelumnya saya mengalami peristiwa yang tidak meng-enakan dengan usb yang berukuran jombo seperti flashdisk adata seri RB yang rusak akibat terjepit notebook saat saya membuka layar lcd notebook lebih dari sudut 100 derajat sedangkan flashdisk tersebut saya tancapkan di bagian belakang notebook tersebut.
untuk kinerja tentu saja saya menginginkan flashdisk dengan kecepata daya baca dan tulis terterbesar. Untuk mengetahui seberapa cepat usb berkerja sangatlah sulit kalau hanya dengan melihat bentuk dari usb flashdisk tersebut kalau tanpa dilakukan pengujian.  Lain hal kalau anda sering membaca review review baik dari majalah atau dari internet seperti blog saya ini :) tentu anda bisa dengan gampang untuk mengetahui flashdisk mana saja yang memiliki kinerja terbaik dan terburuk.

Di hari sabtu tangal 10 januari kemarin saya mencoba untuk berburu flashdisk ke daerah harko glodok
 tetapi saya tidak menemukan flashdisk yang saya inginkan karena flashdisk yg saya cari sepertinya didaerah pusat hardware disana tidak tersedia. Setelah lelah mencari disana saya coba pergi kedaerah pinangsia Plaza tetapi disana juga tidak ada, karena tidak menemukan juga akhirnya saya tersudut hanya kebeberapa merk saja yang ada di pasaran diantaranya merk Transcend. Setelah memilih akhirnya saya memutuskan untuk mengambil seri JetFlash T3  dengan alasan seri ini lah yang terkecil walaupun tidak mengetahui bocoran tentang kinerjanya. Dengan bemodalkan Rp. 115.000 saya sudah bisa membawa pulang T3 dengan kapasitas 4GB sepertinya ukuran ini sudah bisa untuk menampung data data yg saya butuhkan.

Paket Penjualan
Tak ada yang menarik pada produk Transcend ini karena tak ada satupun bonus yang diberikan :(  adapun pada kemasanya terdapat :

- Usb flashdisk
- brosur usb flashdisk 
- brosur photo frame & digital music player

Memang sangat disayangkan kenapa transcend sampai hati tidak memberikan sedikit bonus untuk para customernya apa lagi usb T3 ini ukuranya sangat kecil yang akan lebih mudah tercecer dibandingkan flashdisk type lainya.

Kinerja 
Setelah sedikit kecewa dengan tidak terdapatnya bonus kita langsung saja melihat kinerja produk ini. untuk mengetahui nya saya mengunkan software yang sering saya gunakan untuk meng-benchmark produk usb flashdisk. ini hasil nya :

Dari hasil test diatas terlihat kalau flashdisk ini bukalah flashdisk dengan kinerja yang paspasan apa lagi buruk tetapi salah satu flashdisk dengan kinerja yang mampu bersaing dengan flashdisk sekelas croshair voyager ataupun flashdisk dengan chip SLC yang berharga lebih mahal.

Nilai tambah
Selain memiliki kinerja yang bagus ternyata flashdisk ini memiliki fitur yang tersembunyi yaitu dengan terdapatnya sofware yang lumayan bagus tetapi untuk mendapatkan software tersebut kita harus mendownloadnya di www.transcendusa.com . JetFlash Elite begitu software ini diberi nama dengan beberapa fitur yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Kesimpulan :
Dengan ukuran yang sangat mini yang beratnya hanya 2 gram flashdisk ini mampu menunjukan kalau flashdisk ini setara  cabe rawit ( kecil tapi pedas) . Transcend juga tak menjual produk ini dengan harga yang tinggi tapi seharga flashdisk kelas value lainya, walaupun tidak ada bonus secara fisik tapi flashdisk ini memiliki software yang cukup bagus.





1 comment: