Sunday, November 09, 2008

IM2 Broom unlimited Review

Paket internet unlimited menjadi pilihan yang sangat menarik untuk kebutuhan berinternetan tanpa rasa kawatir akan tagihan yang membengkak. niatnya saya inggin mengunakan indosat 3,5G unlimited ( isat eco ) tapi apa hendak dikata sudah 2 galeri indosat saya kunjugi tapi ke dua - duanya memberikan jawaban yang sama kalau layanan tersebut tidak tersedia untuk saat ini karena permaslahan habisnya simcard dan akan di buka kembali kalau persediaan kartunya sudah ada. Karena merasa jawaban yang diberikan pihak galeri indosat sedikit mencurigakan saya coba melakukan kontak dengan "orang dalam" perihal ketidak sedianya lagi paket internet unlimited ini. Menurut keterangan dari teman saya ini kalau permasslahan nya bukan karena tidak ada nya simcard nya tetapi disebabkan permasalahan teknis.

Tanpa sengaja ada teman saya yang lain memberikan info kalau indosat juga memiliki akses internet unlimeted tetapi dengan sistem berbeda, bukan lagi dengan sistem paska bayar tetapi dengan sistem pra bayar. Nama layanan internet unlimited ini adalah broom, jangan tanyakan kepada saya kenapa dinamakan broom tapi menurut hipotesa saya mungkin nama ini bisa mengambarkan kalau internet ini bisa berjalan seperti mobil balap bukan mouse balap seperti layanan internet operator lain :)

Untuk mengunakan broom ini kita harus membeli perdana terlebih dahulu, untuk perdananya bisa anda beli di galeri galeri indosat atau membeli secara online karena waktu saya liat forum www.chip.co.id disana ada yang menjual perdanya, harga perdana ini di jual dengan harga Rp. 150,000 yang telah termasuk 1 bulan akses internet degan nominal Rp. 100,000 jadi kalau dihitung sebenarnya harga perdananya hanya Rp. 50, 000.

Layanan internet ini kalau kita perhatikan hampir mirip dengan layanan pra bayar handphone seluler karena saat masa aktifnya habis kita diharuskan mengisi ulang pulsa didalam kartu tersebut.Karena layanan ini sifatnya ulimited maka yang kita isi sebenarnya waktu aktifnya saja bukan bentuk nominal. Masa aktif kartu ini satu bulan saja contohnya waktu saya membeli perdana dan mengaktifkan layanan ini pada tgl 3 november 2008 maka masa aktif kartu ini akan berakhir pada tgl 2 desember tahun 2008. kalau mau lebih jelas nya untuk masalah broom ini bisa lihat di website nya yaitu di : www.indosatm2.com

Walaupun layanan ini menyantumkan embel embel 3,5 G tetapi sesunguh nya kecepatan yang bisa diraih pada broom ulimited ini tidaklah sebesar itu tetapi dibatasi sampai 256 kbps saja itupun akan turun ke 64 kbps kalau kita sudah melewati qouta 2 G.

Tak seru jika layanan ini tidak kita benchmark, untuk nge benchmark broom ini saya mengunakan speedtest yang bisa dijalakan di www.speedtest.net dan sebagai modemnya mengunakan PDA ASUS M930.

inilah hasilnya  : 

Server Jakarta



 





Server singapore









server Washington DC










Dari hasil test diatas kecepatan nya bisa dibilang sama dengan yang dijanjikan yaitu sebesar 256kbps.  Dengan biaya Rp. 100,000 perbulan dan memiliki sistem pembayaran yang mudah maka saya yakin layanan ini akan banyak peminatnya tetapi kalau sudah banyak yang ikutan mengunakan layanan ini maka kecepatan speednya akan turun, maka dari itu lebih baik jangan deh mengunakan Broom ini karena imbas nya kekoneksi saya juga hehe .... :)

5 comments:

  1. Anonymous5:06 AM

    Pas masih kuota sih, kecepatannya lumayan..buat download juga cepet, cuma setelah kuota habis...ampun deh, jarang banget nyentuh kecepatan 64 kbps..lemot abiss..tapi mo gimana namanya juga unlimited murah hehehe..nice share, salam kenal!!

    ReplyDelete
  2. Aku mau tanya nih. Kalo IM2 Broom Unlimited menggunakan hp GPRS bisa ndak ya? aku punya nokia 6300. Atau harus beli modemnya. Modemnya bisa diangsur gak ya, hee..... Mksh

    ReplyDelete
  3. @Dani : emang pas masih Quata 2 Giga belum habis pas download bisa sampai 33Kbps untuk download dari server lokal semacam indowebster tapi kalau udah habis quata yang 2G kecepatan download file dari indowebster paling tinggi cuma 6Kbps hehe.

    @Bang Aan : Bisa Bang tapi hasilya enggak maksimal. waktu saya coba pakai V3i kecepatanya sangat memble. kalau setahu saya 6300 itu sudah support EDGE yang secara teoritis kecepatnya sampai 236.8 kbps jadi masih layak buat ngejalanin broom.Memang saran saya lebih bagus pakai modem kan sayang hp nya enggak bisa di hubungi karena nge-broom terus hehe. Modem banyak kok yang pakai angsuran tapi pakai kartu kredit kemaren maktu jalan jalan ke salah satu mall ada yg nawarin buat kredit.

    ReplyDelete
  4. hmm.. indosat im2 ya,,,
    saya dah pake.
    lelet minta ampun..
    nyesal say beli,,,

    ReplyDelete
  5. @ hery : lokasi dan waktu juga menetukan pak. mungkin di tempat pak heri sinyalnya kurang. karena di tempat saya hanya berjarak 100M dari jadi pemancar jadi lumayan kerasa cepet.

    ReplyDelete